Yuk Kenalan Dengan Proses Penyeduhan Kopi Ala Kinto Faro!

Yuk Kenalan Dengan Proses Penyeduhan Kopi Ala Kinto Faro!

Seberapa banyak kamu tentang ragam kopi? Salah satu minuman yang mengandung kafein ini cukup digandrungi anak muda. Baik kopi yang menggunakan metode manual brew maupun aneka diversifikasi menu kopi yang disesuaikan dengan flavor kekinian menggunakan espresso base, tidak mampu menampilkan semua racikan kopi yang ada di dunia loh. Ada berbagai cara menikmati kopi yang bisa membantu kamu mengenal kopi lebih dalam yang bisa kamu eksplor dan pelajari.

Salah satu jenis manual brew yang masih asing ditelinga penikmat kopi adalah Kinto Faro. Teknik penyeduhan kopi ini mirip dengan nama orang. Dimana teknik penyeduhan Kinto Faro sendiri merupakan cara menyeduh kopi menggunakan dripper. Nama Kinto Faro sendiri berasal dari alat yang digunakan. Kinto merupakan nama perusahan pembuat alat tersebut yang berasal dari Jepang. Sehingga cara menikmati kopi ini berasal dari Jepang.

DESAIN

Kinto Faro merupakan dripper yang memiliki penampilan yang stylish dan ringkas. Alat dripper  ini dirancang ringkas dengan warna putih. Sama seperti susunan pada manual brew Vietnam Drip, alat ini memiliki teko dengan dripper diatasnya yang disusun dengan nampak menjadi satu kesatuan. Desain Kinto Faro sendiri dibuat dengan merujuk pada miniatur Menara tinggi di Italia. Sebab itu, cara menikmati kopi menggunakan Kinto Faro menjadi cukup eksklusif.

Bagian dari Kinto Faro sendiri terdiri atas dripper, stainless steel filter dan tutup. Alat ini didesain menjadi satu kesatuan dan tidak bisa dipisahkan. Uniknya alat ini mudah dibersihkan. Sebab, bahan pembuatan Kinto Faro sendiri menggunakan porselen berkualitas sehingga tahan panas, awet dan juga bisa dibersihkan dengan mudah. Hal ini juga menjadi nilai plus alat ini banyak digunakan sebagai cara menikmati kopi yang enak.

Perbedaan Kinto Faro dengan alat dripper lainnya terletak pada filter yang digunakan. Dimana Kinto Faro menggunakan fixed filter atau filter permanen sudah disediakan. Filter ini menggunakan bahan stainless steel sehingga bisa dicuci dan digunakan kembali. Lubang keluarnya sendiri sudah ada dan diberikan cukup halus sehingga tidak kalah dengan paper filter dalam keahlian penyaringan.

PROSES SEDUH

Cara menyeduh kopi menggunakan Kinto Faro sendiri cukup mudah dan sama seperti saat melakukan penyeduhan menggunakan dipper lainnya. Berikut langkah – langkahnya.

  • Panaskan air di teko yang berbeda hingga suhu 90o – 96oC.
  • Pasang Kinto Faro sesuai susunannya yakni dripper, filter dan tutup.
  • Masukkan bubuk kopi ke dalam filter lalu tuangkan air panas perlahan. Filter pada Kinto Faro sangat kecil lubangnya dibandingkan kertas filter sehingga air panas dituang perlahan dan sedikit demi sedikit.

Proses penyeduhan kopi menggunakan Kinto Faro sendiri terbilang cukup lama. Waktu air bertemu dengan kopi didalam filter cukup lama sehingga menghasilkan rasa yang berbeda dan lebih pekat. Sebab itu, rasa kopi yang diseduh menggunakan Kinto Faro akan berbeda.