Tekanan Darah Terlalu Tinggi, Bisa Sebabkan Serangan Stroke?

Tekanan Darah Terlalu Tinggi, Bisa Sebabkan Serangan Stroke?

Gejala stroke dapat muncul ketika otak tidak menerima cukup oksigen. Biasanya ada aliran pembuluh darah menuju otak yang tersumbat, sehingga sel otak pun tidak dapat bekerja secara normal.

Jadi, memangnya apa saja sih penyebab serangan stroke bisa muncul? Yuk, simak artikelnya!

Table of Contents

Rokok

Rokok terdiri dari banyak zat dan bahan yang tidak baik untuk tubuh. Salah satunya adalah zat adiktif yaitu nikotin. Tidak hanya membuat candu, nikotin juga dapat mempengaruhi tekanan darah lho.

Selain dari nikotin, merokok juga penggumpalan lemak yang dapat menyumbat pembuluh darah kamu. Penebalan dinding darah juga terjadi sehingga adanya penyempitan aliran darah. Hal ini bisa dengan mudah memicu serangan stroke.

Karena itu, ada baiknya menghindari rokok. Baik kamu sebagai perokok aktif atau pasif. Keduanya sama-sama mempunyai risiko untuk memicu penyakit stroke.

Obat

Walau obat memang berfungsi untuk memulihkan kesehatan kamu, tapi obat tertentu juga dapat mempunyai efek samping tertentu. Jika dikonsumsi secara berlebihan atau dengan obat tertentu, maka efeknya bisa memicu serangan stroke.

Misalnya saja obat pengencer darah, juga beberapa obat terapi tertentu. Selain itu, pil KB pun bisa mempunyai efek samping tertentu. Karena itu, sebelum memutuskan untuk meminum obat tertentu, pastikan kamu sudah berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu mengenai dosis, efek samping, serta obat lain yang sedang kamu konsumsi.

Hipertensi

Salah satu penyebab aliran pembuluh darah tersumbat adalah karena adanya tekanan darah tinggi atau hipertensi. Demi mencegah serangan stroke, kamu pun harus belajar menjaga agar tekanan darah normal.

Kalau bisa jangan lebih dari 130/90. Kamu bisa mulai menjaga dengan rutin olahraga, mengurangi konsumsi garam, membatasi alkohol, hingga meminum obat penurun darah tinggi sesuai rekomendasi dokter.

Diabetes

Jika kamu menyukai makanan dan minuman manis, maka kamu harus berhati-hati dengan kadar gula dalam tubuh. Seringkali jika terlalu banyak gula dalam darah, kamu akan terkena risiko diabetes.

Diabetes sendiri dapat menyebabkan munculnya gejala stroke. Kadar gula darah yang terlalu tinggi pun bisa menyebabkan kerusakan pembuluh darah. Terutama jika kamu memang sudah mengidap hipertensi dan/atau obesitas.

Maka dari itu, pastikan kamu melakukan pengecekan gula darah secara berkala, serta memantau konsumsi gula harian kamu.