Kenali Gejala Kanker Serviks dan Cara Pengobatannya

Kenali Gejala Kanker Serviks dan Cara Pengobatannya

kanker serviks ialah kanker yang terjadi ketika terdapat sel-sel tidak normal pada leher rahim dan terus berkembang tak terkendali. Leher rahim sendiri merupakan organ yang berbentuk seperti tabung, dimana fungsiinya adalah untuk menghubungkan rahim dengan vagina.

Sel-sel yang tidak normal tersebut memiliki kemampuan berkembang dengan cepat, yang pada akhirnya berkembang menjadi penyebab kanker leher rahim.

Kanker leher rahim termasuk salah satu jenis kanker yang paling umum terjadi pada wanita di dunia. Kanker ini bisa sembuh apabila ditemukan sejak stadium awal. Hanya saja, gejala yang muncul pada penderita kanker ini seringkali muncul pada saat kondisi sudah cukup parah.

Karena itulah, kamu harus rajin melakukan tes pap smear, yaitu tes yang dilakukan untuk membantu mengetahui adanya kanker serviks sedari dini.

Gejala yang Menjadi Ciri Kanker Serviks

Wanita yang mengalami kanker serviks stadium awal tidak mengalami gejala. Pasalnya, gejala akan muncul ketika tumor sudah terbentuk. Tumor ini nantinya akan mendorong organ seitar dan mengganggu sel-sel sehat. Beberapa gejala yang menandai kanker leher rahim diantaranya ialah sebagai berikut:

  1. Terjadi penurunan berat badan tanpa sebab
  2. Hilangnya nafsu makan pada penderita
  3. Vagina mengeluarkan keputihan yang tidak normal, seperti berbau menyengat atau bahkan disertai darah.
  4. Badan terasa lemas
  5. Mudah lelah tanpa sebab
  6. Terasa nyeri pada bagian punggung bawah dan kaki.
  7. Terasa nyeri pada perut bagian bawah
  8. Terasa nyeri pada saat melakukan hubungan seks
  9. Siklus menstruasi menjadi tidak teratur
  10. Mengalami pendarahan yang tidakk wajar dari vagina

Apabila kamu mengalami gejala-gejala tersebut, wajib hukumnya untuk segera konsultasi ke dokter agar mendapatkan penanganan yang benar.

Cara Mengobati Kanker Serviks

Proses pengobatan untuk penyakit ini terbilang cukup rumit. Meski begitu, kamu tidak perlu khawatir karena rumah sakit memiliki tim ahli yang pastinya fasih di bidang ini. secara umum, terdapat tiga pilihan penanganan untuk mengatasi kanker leher rahim, berikut penjelasannya.

Operasi

Kanker bisa ditangani dengan melakukan operasi. Tindakan pembedahan ini akan mengangkat bagian yang terinfeksi kanker.

Operasi biasanya membutuhkan biaya yang cukup besar. Disinilah manfaat memiliki asuransi kesehatan dapat dirasakan. Dengan asuransi yang kamu punya, kamu tidak akan merasa bingung untuk mencari biaya apabila sewaktu-waktu terjadi hal seperti ini.

Kemoterapi

Kemoterapi merupakan solusi penanganan kanker leher Rahim yang menggunakan obat-obatan. Pengidap kanker biasanya harus mengonsumsi sejumlah obat dalam kurun waktu tertentu. Kemoterapi bertujuan untuk membunuh sel-sel kanker.

Radioterapi

Radioterapi bisa dikombinasikan dengan operasi pada saat kanker masih di stadium awal. Apabila sudah stadium lanjut, radioterapi juga bisa dikombinasikan dengan kemoterapi untuk meredakan rasa sakit pada pasien.