4 Hal yang Harus Diketahui Mengenai Konsumsi Probiotik pada Anak

4 Hal yang Harus Diketahui Mengenai Konsumsi Probiotik pada Anak

Probiotik adalah jenis bakteri baik yang akan bekerja menjaga kesehatan tubuh si kecil. Bakteri baik ini akan membantu memperlancar kerja sistem pencernaan serta menjaga imunitas tubuh. Manfaat probiotik yang begitu baik bagi tubuh membuat para orang tua sebaiknya menyadari bahwa asupan makanan sumber probiotik sangatlah penting.

Tentang Konsumsi Probiotik

Probiotik itu sendiri sebenarnya bisa muncul secara alami di dalam tubuh. Namun ada juga beberapa jenis bahan makanan sumber probiotik yang direkomendasikan untuk dikonsumsi. Agar konsumsi probiotik tetap aman dan bisa memberi manfaat optimal, berikut adalah 4 hal penting yang perlu untuk dipahami tentang probiotik:

1. Manfaat

Pertama mari pahami dulu apa sebenarnya manfaat probiotik itu sendiri. Probiotik ini ada dalam bentuk bakteri baik yang akan bekerja menjaga kesehatan saluran cerna. Fungsi lainnya yaitu membantu menjaga metabolisme serta memelihara kesehatan otak. Probiotik juga efektif membantu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga anak jarang jatuh sakit.

2. Sumber Probiotik

Ada banyak jenis bahan makanan di sekitar kita yang kaya akan probiotik. Salah satu bahan makanan sumber probiotik yang bisa diberikan kepada anak adalah yogurt. Selain yogurt, Anda juga bisa memberikan aneka keju untuk memenuhi kadar probiotik dalam tubuh.

Tempe juga bisa dijadikan pilihan untuk dikonsumsi karena diketahui mengandung probiotik. Selain itu ada buah apel serta miso hasil fermentasi kedelai yang juga menjadi sumber probiotik. Berikan pilihan bahan makanan ini secara bergantian kepada anak untuk memenuhi kebutuhan probiotik bagi tubuh.

3. Masalah Kekurangan Probiotik

Saat tubuh kekurangan probiotik maka ada beberapa masalah kesehatan yang dapat muncul. Kekurangan probiotik terutama akan menyebabkan gangguan pencernaan seperti diare bahkan sebaliknya bisa menyebabkan konstipasi. Oleh sebab itu saat terjadi masalah kesehatan saluran cerna seperti ini orang tua bisa memberikan makanan sumber probiotik sebagai solusinya.

Lebih parahnya lagi, kekurangan probiotik dapat memicu terjadinya peradangan pada usus. Iritasi usus juga dapat terjadi dan hal ini bisa saja berkembang semakin parah jika tidak segera diatasi. Hal ini disebabkan tidak adanya cukup bakteri baik yang bekerja menjaga kesehatan saluran cerna tersebut.

4. Tidak Boleh Berlebihan

Anda harus memperhatikan konsumsi probiotik ini karena tidak boleh berlebihan. Asupan probiotik yang berlebihan akan menimbulkan masalah kesehatan lainnya. Beberapa masalah kesehatan yang mungkin terjadi adalah sakit kepala, masalah kulit, juga alergi. Bahkan bisa saja terjadi infeksi jika kadar bakteri baik dalam tubuh ini meningkat tajam.

Itulah 4 hal penting yang harus dipahami mengenai konsumsi probiotik. Jika ingin mendapatkan manfaat probiotik secara optimal maka usahakan untuk mengonsumsinya dengan batasan yang aman. Pastikan tubuh tetap mengonsumsi bahan makanan lain untuk mengimbangi asupan probiotik dan memenuhi kebutuhan tubuh akan nutrisi penting.